JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Media Pop Up Book Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Kelas III SD Negeri 050694 Batang Serangan T.A 2023/2024

Christine Dahliana Br Tarigan (Universitas Negeri Medan)
Fahrur Rozi (Universitas Negeri Medan)
Risma Sitohang (Universitas Negeri Medan)
Elvi Mailani (Universitas Negeri Medan)
Sri Mustika Aulia (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas, dan Praktikalitas Media Pembelajaran Pop up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 050694 Batang Serangan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model ADDIE (Anlysis, Design, Devlopment, Implementation and Evaluation). Teknik penggumpulan data dengan observasi, wawancara, skala dan test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Media Pop-Up Book Pada Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Subtema I Pembelajaran I. Hasil analisis menandakan bahwa Media telah divalidasi oleh ahli desain dan teknologi, dan materi media memperoleh hasil persentase 80% dan 85% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil kepraktisan mendapatkan persentase dengan kategori “Sangat Praktis” sebesar 90% dan keefektifan mendapatkan beberapa hasil yaitu ketuntasan hasil tes diperoleh 85% dengan kualifikasi “Sangat Efektif”. Dengan demikian, Media Pop-Up Book Pada Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Subtema I Pembelajaran I yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...