Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 6 No 2: AGUSTUS (2024)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MENGHITUNG DENGAN STIK ICE CREAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II

Nurfajriah, Nurfajriah (Unknown)
Rosdiana, Rosdiana (Unknown)
Basam, Fajri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika sebelum menggunakan media stik ice cream terhadap peserta didik kelas II MI Ulil AlbabSimpasai. 2) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika sesudah menggunakan media stik ice cream terhadap peserta didik kelas II MI Ulil Albab Simpasai. 3) Menganalisispengaruh hasil belajar matematika menggunakan media stik ice cream terhadap peserta didik kelas II MI Ulil Albab Simpasai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah penelitian preeksperimen design dengan jenis design one group pretestposttets. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas II MI Ulil Albab Simpasai sebanyak 14peserta didik dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal essay. Berdasarkan hasil analisis deskriptifhasil belajar peserta didik sebelum menggunakan menggunakan media stik ice cream pada kelas II MI Ulil Albab memperoleh nilai maksimum 60 dan minimum 40 denganrata-rata 49,64 dan hasil analisis deskriptif hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan media stik ice cream memperoleh nilai maksimum 95 dan minimum 50dengan rata-rata 79,64. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan uji normalitzed gain diperoleh hasil bahwa penggunaan media stik ice cream berpengaruh signifikan terhadaphasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 0,59 atau ngain >0,3 berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...