Tujuan penelitian ini adalah adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui PengaruhPenggunaan Media Herbarium Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada MataPelajaran IPA Kelas IV di MI Yapit Pencong Kab.Gowa. Jenis penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre-experimental dengan metodepenelitian eksperimen yang menggunakan desain one-shot case study. Subjek penelitian yaituseluruh kelas IV MI Yapit Pencong Kabupaten Gowa, dimana semua anggota kelas IVdiambil sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian ini yakni seluruh kelas IV di MIYapit Pencong sebanyak 12 peserta didik yang terdiri atas 7 orang laki-laki dan 5 orangperempuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar pesertadidik berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 nomor. Hasil penelitian yang diperoleh padakedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif yaitu, rata-rata hasil belajarpeserta didik yang diajar menggunakan media herbarium sebesar 83.33. Hasil analisisinferensial hasil uji hipotesis data setelah penggunaan media herbarium dengan testdiperoleh nilai signifikansi (one sample test) sebesar 0,000 dan nilai taraf signifikansi 0,05nilai signifikasi yang di peroleh tersebut lebih kecil dari α (0,000 > 0.05), karena nilaisignifikan lebih kecil dari α 0.05 maka dapat ditarik kesimpulan jika penggunaan mediaherbarium maka berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik leibh besar dari padaKKM 100% peserta didik berada pada ketuntasan klasikal yang signifikansi terhadaphasil belajar pada kelas IV.
Copyrights © 2024