Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelumdan setelah penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada peserta didik kelasI SD Negeri 15 Jolle Kab. Soppeng, dan mengetahui apakah terdapat pengaruhpenerapan metode Struktural Analitik Sinetik (SAS) pada peserta didik kelas I SD Negeri15 Jolle Kab. Soppeng. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif denganpendekatan Pre-Experimental Design dan desain penelitian One Group pretest-posttestdesign. Poulasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri 15Jolle Kab. Soppeng yang berjumlah 16 orang. Sedangkan sampel yang digunakan dalampenelitian ini adalah sampel jenuh. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitianini adalah tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu statistikdeskritif dan dan statistik inferensial. Hasil penelitian dari statistik deskriptif diperolehnilai rata-rata kemampuan membaca permulaan sebelum diterapkan metode StrukturalAnalitik Sintetik (SAS) yaitu 68,75 dan setelah diterapkan metode Struktural AnalitikSintetik (SAS) nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 89,38 dan pada statistikinferensial nilai signifikan yang diperoleh lebih kecil dari α (0,000<0,05). Sehingga dapatdisimpulkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berpengaruhterhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 15 Jolle Kab.Soppeng.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024