JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan PowerPoint Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Bugangan 03

Zubaidi, Ahmad Afif (Unknown)
Zuhri, M. Saifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam matematika dalam materi penjumlahan 1 sampai 20 dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang dibantu media pembelajaran powerpoint interaktif. Jenis Penelitian ini adalahnPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDN Bugangan 03 Semarang dengan total 27 orang. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik saat mempelajari materi matematika dalam materi penjumlahan 1 sampai 20 menggunakan model pembelajaran PBL yang dibantu oleh media powerpoint interaktif menunjukkan hasil tes akhir siklus 1 sebesar 76,78% dan hasil tes akhir pada siklus 2 sebesar 94,04% dan berada dalam kriteria sangat baik. Terbukti bahwa dengan menggunakan model PBL yang dibantu oleh media konkret dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik dan hasil belajar mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...