Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam matematika dalam materi penjumlahan 1 sampai 20 dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang dibantu media pembelajaran powerpoint interaktif. Jenis Penelitian ini adalahnPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDN Bugangan 03 Semarang dengan total 27 orang. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik saat mempelajari materi matematika dalam materi penjumlahan 1 sampai 20 menggunakan model pembelajaran PBL yang dibantu oleh media powerpoint interaktif menunjukkan hasil tes akhir siklus 1 sebesar 76,78% dan hasil tes akhir pada siklus 2 sebesar 94,04% dan berada dalam kriteria sangat baik. Terbukti bahwa dengan menggunakan model PBL yang dibantu oleh media konkret dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik dan hasil belajar mereka.
Copyrights © 2024