Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 16, No 1 (2024): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Mind Mapping: Implementasi Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Aljabar Linier dan Matriks

Prasasty, Aliffia Teja (Unknown)
Arifiya, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran aljabar linier dan matriks merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi di berbagai bidang studi, termasuk matematika, ilmu komputer, teknik, dan ilmu sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar terutama pada mata kuliah aljabar linier dan matriks, selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui pemahaman konsep aljabar linier dan matriks mahasiswa yang mendapatkan model pembelajaran dengan mind mapping. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, sedangkan populasi penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas R2D dan R2E mahasiswa Program Studi Teknik Industri, dimana kelas R2D sebagai kelas eksperimen dan R2E sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap pemahaman konsep pada mata kuliah aljabar linier dan matriks. Hal ini dilihat dari hasil kemampuan pemahaman konsep mahasiswa diakhir pembelajaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The scope of our journal includes (1) Language and literature education; (2) Social sciences and humanities education; (3) Sports and health education; (4) Economy and business education; (5) Math and natural science education; (6) Vocational and engineering education, (7) Visual arts, dance, music, ...