Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 15, No 2 (2023): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi IPA

Auliyawati, Jihan (Unknown)
Nugroho, Oktian Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran IPA dan mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi siswa sekolah dasar setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yaitu Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini dihasilkan media pembelajaran ular tangga berukuran besar 5x5 meter dengan mengadaptasi teknologi didalamnya, sehingga media ular tangga ini mendapat kategori validasi layak dari ahli media, dan mendapat kategori validasi penilaian sangat layak dari ahli bahasa. Sedangkan validasi desain dengan kategori sangat layak. Penggunaan media pembelajaran ular tangga pada materi IPA telah meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar, sebelum menggunakan media pembelajaran ular tangga, motivasi siswa sekolah dasar ada pada kategori baik, kemudian mengalami peningkatan setelah menggunakan media belajar ular tangga menjadi kategori sangat baik. Sedangkan hasil N-Gain, media belajar ular tangga masuk dalam kategori sedang mencapai angka 0,66 dalam kategori cukup efektif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga pada materi IPA sangat layak digunakan di sekolah dasar dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The scope of our journal includes (1) Language and literature education; (2) Social sciences and humanities education; (3) Sports and health education; (4) Economy and business education; (5) Math and natural science education; (6) Vocational and engineering education, (7) Visual arts, dance, music, ...