Kepemimpinan sebagai agen perubahan dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru dapat diwujudkan melalui berbagai strategi. Pengembangan profesi guru merupakan suatu proses untuk membantu guru dalam melakukan pekerjaan secara efektif dan kepala sekolah sebagai pimpinan pendidikan bertanggung jawab untuk meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan mengkaji mengenai kepemimpinan sebagai agen perubahan dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) yang melibatkan analisis data yang kritis yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil analisis dari penelitian yang telah dilakukan yaitu pemimpin sebagai agen perubahan dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru harus menguasai cara-cara kepemimpinan. Pemimpin harus memiliki keterampilan kepemimpinan untuk menjadi pemimpin yang baik. Pengembangan profesi guru merupakan hal yang sangat penting karena guru merupakan salah satu komponen yang berperan dalam usaha pembentukan sumber daya yang potensial dalam pembangunan. Para guru diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang cermat terhadap setiap perubahan. Meningkatnya kualitas guru akan mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, baik proses maupun hasilnya.
Copyrights © 2024