JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Penalaran pada Materi Geometri di Kelas IV SD

Cahyani, Meiza Ilka (Unknown)
Alim, Jesi Alexander (Unknown)
Noviana, Eddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan penalaran pada materi geometri di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, yaitu penelitian yang menggunakan dua kelas, yakni kelas IV E sebagai kelas kontrol dan IV D sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan model pembelajaran RME berbantuan multimedia interaktif dan kelas kontrol mendapatkan perlakuan model pembelajaran RME tanpa bantuan media. Penelitian ini memberikan pretest sebelum mendapatkan perlakuan dan memberikan Posttest sesudah mendapatkan perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis yang telah peneliti lakukan, diperoleh hasil dengan nilai yang signifikan (2-tailed) untuk nilai posttest dari kelas eksperimen dan sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan penalaran pada materi geometri di kelas IV SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...