Internet merupakan sumber belajar yang dapat membantu guru dan siswa karena memiliki segudang pengetahuan lain selain konten khusus mata pelajaran. Berdasarkan jawaban angket yang diberikan kepada siswa kelas XI, siswa Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiah Canduang memanfaatkan internet selain buku teks sebagai alat pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai bagaimana penggunaan internet mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI Pada Pembelajaran Informatika Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiah Canduang. dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan internet oleh siswa kelas XI terhadap hasil belajarnya, karena permasalahan yang muncul pada nilai siswa terdapat interval kelas yang menunjukkan bahwa adanya nilai yang tinggi dan ada nilai yang rendah karena sedikitnya waktu yang digunakan sekolah memberikan sarana internet dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran informatika, ini disebabkan siswa lebih banyak mempelajari keagaamaan sedangkan pembelajaran menggunakan internet sedikit. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitain Korelasi. Penelitian korelasi adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian berjumlah 137 responden dan sampel berjumlah 40 responden. Yang diambil dari masing masing kelas berjumlah delapan ( 8 ) siswa. Dalam penelitian ini digunakan kuesioner. Kuesioner langsung dalam bentuk skala Likert dengan pertanyaan tertutup digunakan dalam penyelidikan ini. Berdasarkan data penelitian, hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di semua kelas XI yang berjumlah 5 kelas dipengaruhi oleh penggunaan internet. Uji hipotesis yaitu menunjukkan Rhitung > Rtabel atau 0,507 > 0,312 membuktikan hal tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan internet mempunyai dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024