JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Optimalisasi Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VII Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Muaro Jambi

Safitri, Evi (Unknown)
Madyan, Madyan (Unknown)
Saputra, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Optimalisasi Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi dengan penerapan metode Sosiodrama. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode Sosiodrama, peningkatan Hasil belajar siswa pada materi Akhlak Terpuji. Instrument Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa Observasi dan Tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan persentase ketuntasan sebanyak 44% pada Siklus 1, 80% pada Siklus 2. Penelitian ini dapat dikatakan sudah berhasil karena sudah memenuhi Indikator Keberhasilan Tindakan yang telah ditetapkan, yakni Penelitian dikatakan berhasil apabila banyak siswa yang tuntas pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan nilai ketuntasan di atas 70.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...