Penelitian ini membahas tentang Optimalisasi Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi dengan penerapan metode Sosiodrama. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode Sosiodrama, peningkatan Hasil belajar siswa pada materi Akhlak Terpuji. Instrument Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa Observasi dan Tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan persentase ketuntasan sebanyak 44% pada Siklus 1, 80% pada Siklus 2. Penelitian ini dapat dikatakan sudah berhasil karena sudah memenuhi Indikator Keberhasilan Tindakan yang telah ditetapkan, yakni Penelitian dikatakan berhasil apabila banyak siswa yang tuntas pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan nilai ketuntasan di atas 70.
Copyrights © 2024