Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis ilmu pengetahuan sosial materi proklamasi kemerdekaan kelas VI SD Madyotaman No.38 Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI SD Negeri Madyotaman No.38 Surakarta, sampel penelitian adalah peserta didik kelas VI dengan jumlah 28 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan analisis dan hasil pretest memperoleh rata-rata sebesar 67,28 sedangkan hasil posttest rata-rata yang diperoleh adalah 76,35. Hal tersebut terlihat terjadi peningkatan antara pretest dan posttest. Hasil analisis data menggunakan paired sample t-test. Memperoleh nilai thitung sebesar 9.799 selanjutnya thitung dapat dibandingkan dengan ttabel degan d.b = (n-1) jadi (28-1) = 27 dalam taraf signifikansi 5% yaitu 2,045. jadi thitung kurang dari ttabel atau 9.799 > 2,405, maka Ho ditolak. Sedangkan jika dilihat dari signifikansi (sig) atau nilai probabilitasnya 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS kelas VI SD Negeri Madyotaman No.38 Surakarta tahun ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024