JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

The Effect of Using Flashcard on Students’ Vocabulary Mastery at 7th Grade in Mtsn 3 Padang Pariaman

Aini, Hanifah (Unknown)
Reflinda, Reflinda (Unknown)
Roza, Veni (Unknown)
Melani, Melyann (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan siswa kelas 7 MTSN 3 Padang Pariaman terkait dengan penguasaan vocabulary siswa. Ada pun permasalahan dari penelitian ini adalah siswa memiliki kosakata yang terbatas dan sulit memahami materi pembelajaran, beberapa siswa memiliki motivasi yang rendah dalam pembelajaran bahasa Inggris dan guru di sekolah masih menggunakan cara yang biasa dalam mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan flashcard terhadap penguasaan kosakata siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan dua kelompok pretest dan posttest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII Mtsn 3 Padang Pariaman yang terdiri dari lima kelas dan sampel dalam penelitian in adalah siswa kelas VII.2 dan VII.5. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Untuk menganalis data peneliti menggunakan uji liliefors untuk tes normality dan homogeniety. Sedangkan untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan uji t, kemudian peneliti mengkonsultasikan hasilnya dengan tabel derajat (a) = 0,05. Dari hasil dan penghitungan nilai pre test dan post test kelas eksperiment, ditemukan bahwa memiliki nilai pretest yang kurang bagus, dengan nilai rata-rata 53,09 untuk kelas experiment dan 56,96 untuk kelas control. Setelah mendapat perlakuan, penguasaan kosakata siswa meningkat secara signifikan, dengan nilai rata-rata 83,09 untuk kelas experiment dan 72,90 untuk kelas control. Hasil dari t-hitung dari hipotesis satu = 10,578 > t-tabel 2,042 dengan derajat bebas (df) = 30 dengan 0,05/2=0,025. sedangkan, sig (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.005. hasil dari t-hitung dari hipotesis dua = 3,605 > t-tabel 1,670 dengan derajat bebas (df) = 60 dengan 0,05. sedangkan, sig (2-tailed) diperoleh 0,001 < 0.005. Jadi, hipotesis (Ha) diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan flashcard.Hal ini membuktikan bahwa penggunaan flashcard bisa membantu dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...