JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pendidikan Keluarga dalam Kematangan Sosial Remaja yang Berstatus Anak Tunggal

Nursalim, Eko (Unknown)
Mubaidilla, Miftakhul Rizal (Unknown)
Asiah, Siti (Unknown)
Nurminah, Nurminah (Unknown)
Jannah, Miftahul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji bentuk kematangan sosial dan pendidikan keluarga terhadap kematangan sosial remaja yang berstatus sebagai anak tunggal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dalam metodenya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman subjektif remaja tunggal yang berfokus pada aspek kematangan sosial. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tiga remaja yang berstatus sebagai anak tunggal. Hasilnya menunjukkan bahwa remaja tunggal memiliki kemampuan mandiri dalam mengurus kebutuhan sehari-hari dan mengelola keuangan, waktu, serta barang. Pendidikan keluarga, seperti pemberian struktur, dukungan emosional, dan kebebasan, berkontribusi pada pembentukan kematangan sosial mereka. Implikasi teoritis dan praktis dari penelitian ini didiskusikan dalam konteks perkembangan remaja tunggal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...