JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Kalimat Ajakan Kelas II SD Sawah Besar 01 Semarang

Kholilur Rohmah (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas II SD Sawah Besar 01 melalui penerapan model TGT pada materi kalimat ajakan. Subjek penelitian 27 siswa tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasi kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal diperoleh pada pra siklus yaitu 25%, siklus I 70% dan siklus II 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model TGT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas II SD Sawah Besar 01 khususnya pada materi kalimat ajakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...