Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh konten pembelajaran TikTok terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Iqra’ Tuggul Hitam Padang yang berusia antara 5 dan 6 tahun. Jenis penelitian ini menggabungkan metodologi eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif . Penelitian dilakukan di TK Iqra’ Tunggul Hitam Padang. Seluruh siswa di TK Iqra Tuggul Hitam Padang dijadikan populasi penelitian, dan 10 siswa pada masing-masing kelompok B2 dan B1, yang berfungsi sebagai kelas eksperimen dan kontrol, dijadikan sampel. Tes tindakan adalah metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data. Uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji normalitas merupakan teknik analisis data yang digunakan. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen adalah 19 dan skor post-test adalah 26,4. Hasil pre-test rata-rata 16,2 dan hasil post-test kelompok kontrol 23,9. Kumpulan data akhir bersifat homogen dan tersebar secara teratur. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,048 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran TikTok berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak yang bersekolah di TK Iqra’ Tunggul Hitam Padang yang berada antara usia 5 dan 6 tahun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024