JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Pengelolaan Kelas Melalui Pendekatan Sosio-Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs SKB 3 Menteri Bingkat

Anggraini, Lilis (Unknown)
Lubis, Khairuddin (Unknown)
Matondang, Ade Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas melaui pendekatan sosio-emosional tehadap mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs SKB 3 Menteri Bingkat, 2)untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di Mts SKB 3 Menteri Bingkat, 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengelolaan kelas melalui pendekataan sosioemosional pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MTs SKB 3 Menteri Bingkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MTs SKB 3 Menteri Bingkat yang berjumlah 210 siswa yang menjadi 6 kelas dengan sampel sebanyak 32 peserta didik. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengelolaan kelas melalui pendekatan sosio-emosional di MTS SKB 3 Menteri Bingkat di katagorikan “cukup“. Prestasi Belajar di di MTS SKB 3 Menteri Bingkat dikategorikan “baik”. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperleh thitung > ttabel (2,197> 2,042), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh pengelolaan kelas melalui pendekatan sosio-emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MTS SKB 3 Menteri Bingkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...