JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Relevansi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan Pencerminan Nilai Pancasila dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar

Restiara, Retma (Unknown)
Alena, Sinta (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Wulandari, Yopita (Unknown)
Tasya, Sella (Unknown)
Indisshea, Rara Adhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai-nilai pancasila dalam upaya membentuk karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar, melalui sebuah pemaham akan nilai pancasila dan karakter bagi peserta didik dalam memahami sebuah pemikiran-pemikiran nilai pancasila pada pendidikan karakter. Metode penelitian dalam artikel ini menggagas studi pustaka (library research) yakni metode berupa pengambilan data dengan teknik memahami dan mempelajari teori-teori dari bermacam literatur berkaitan dengan penelitian ini. Jenis data yang digunakan merupakan jenis data kualitatif deskriptif. Pengumpulan data tersebut menggunakan cara mencari sumber dan menkontruksi dari berbagai sumber contohnya seperti buku, jurnal dan riset- riset yang sudah pernah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di kembangkan ini maka bisa disimpulkan bahwa Pencerminan nilai Pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik adalah penting karena Pancasila menjadi dasar filosofis dan ideologis negara Indonesia. Melalui pendidikan, nilai-nilai seperti gotong royong, keadilan, persatuan, demokrasi, dan ketuhanan yang maha esa dapat ditanamkan dalam diri peserta didik, membentuk karakter yang kuat dan berintegritas untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Selain itu, pendidikan karakter yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila juga dapat dilakukan melalui pembinaan kepribadian, pengembangan keterampilan sosial, serta pembiasaan sikap saling menghargai dan bekerja sama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...