Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan pemahaman dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika berbentuk cerita pada materi aljabar. Subjek pada penelitian ini menggunakan sampel terbatas kepada siwa/siswi kelas VIII dan kelas IX yang total jumlah diteliti oleh peneliti berjumlah 5 siswa dari beberapa SMP. Metode panelitian yang digunakan adalah kualitatif dimana siswa dari beberapa sekolah di berikan soal kuesioner berbentuk uraian. Kemudian, data yang di dapatkan dianalisis untuk mengetahui kesulitan dan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif karena menggambarkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan dan kesalahan yang dialami siswa SMP pada soal cerita materi aljabar ini yaitu: 1) Kesulitan dalam menafsirkan dan menyimpulkan soal 2) Kemampuan pemahaman membaca siwa masih kurang sehingga kesulitan dalam menuliskan model matematika pada soal cerita 3) Kesalahan konsep operasi hitung, sehingga mendapatkan hasil akhir yang salah.
Copyrights © 2024