JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pemodalan Matematika: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Sekolah Dasar di SDN 066048 Medan Helvetia

Hasibuan, Nurleli (Unknown)
Firmansyah, Firmansyah (Unknown)
Panjaitan, Dedy Juliandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan pemodelan matematika sebagai pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial siswa sekolah dasar di SDN 066048 Medan Helvetia. Dengan mengintegrasikan pemodelan matematika ke dalam kurikulum matematika, penelitian ini mengeksplorasi efektivitas pendekatan pembelajaran ini dalam memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih konkret dan kontekstual bagi siswa. Metodologi penelitian yang digunakan melibatkan tinjauan pustaka, desain eksperimental, dan analisis data empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pemodelan matematika memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman siswa tentang konsep matematika dan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah aritmatika sosial. Implikasi dari penelitian ini mencakup rekomendasi untuk memperluas penggunaan pendekatan pemodelan matematika dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar serta pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...