JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Peran Komunikator Pembangunan dalam Pemberdayaan Masyarakat Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Desa Aek Tuhul Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan

Nasution, Nurhalimah (Unknown)
Rafiq, Mohd (Unknown)
Ritonga, Anas Habibi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikator dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Aek Tuhul Kecamatan Padangsidempuan Batunadua Kota Padangsidempuan dan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan program KOTAKU desa Aek Tuhul kecamatan Padangsidempuan Batunadua kota Padangsidempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komunikator dalam program KOTAKU sudah sangat baik yakni mengentaskan kemiskinan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, sistem infrasktruktur dan sanitasi lingkungan dan memberdayakan sosial masyarakat sehingga mampu berkolaborasi mengentaskan pemukiman kumuh. Partisipasi masyarakat Desa Aek Tuhul dalam program KOTAKU yaitu dengan memfasilitasi masyarakat agar peningkatan ekonomi meningkat dengan adanya pinjaman bergulir yang tergabung sebagai anggota KSM dengan jumlah pendapatan yang ada sudah banyak perubahan dan masyarakat sudah bisa membeli kebutuhan pokok mereka, dan para anggota yang tergabung kedalam kelompok swadaya masyarakat ini juga sudah bisa membiayai anak-anaknya sekolah, dengan hasil ekonominya dan memfasilitasi masyarakat dalam hal memberikan pelatihan kepada masyarakat agar bisa menggali potensi yang ada dalam masyarakat lewat program KOTAKU serta melakukan sosialisasi kekelompok masyarakat BKM sehingga mereka tetap mendapatkan pengetahuan tentang program KOTAKU.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...