Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa. (3) Perbedaan pengaruh model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran tipe make a match terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Ini dilihat dari peningkatan nilai pre test dan post test. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Ini dilihat dari peningkatan nilai pre test dan post test. Sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match nilai rata-rata siswa sebesar 58,16 dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match nilai rata-rata menjadi 81,84. (3) Kelas yang paling baik adalah kelas yang menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) atau teringgi rata-ratanya yaitu 82,16, disusul kelas yang menerapkan Make A Match (MAM) dengat rata-rata 81,99, dan terakhir keelas kontrol dengan rata-rata 70,33.
Copyrights © 2024