Memahami ide-ide sains dan menggunakannya untuk memecahkan masalah-masalah praktis dikenal sebagai literasi sains. Temuan PISA memperlihatkan kalau literasi sains siswa Indonesia berada dalam kisaran yang buruk. Kelangkaan sumber daya pembelajaran yang mempromosikan literasi sains adalah penyebabnya. Rasa ingin tahu ialah kualitas yang dapat membantu siswa menjadi pembaca yang lebih baik. Oleh karena itu, proses pembelajaran menuntut seseorang untuk memiliki rasa ingin tahu. Maksud dari proyek ini ialah guna membuat modul sains yang menekankan literasi sains dan menyoroti sifat keingintahuan dalam konten yang berkaitan dengan sistem gerak manusia. Materi pendidikan yang telah dipersiapkan menunjukkan ciri-ciri yang berakar pada literasi sains, yang dikelompokkan dalam empat kategori literasi sains, serta menampilkan karakteristik keingintahuan yang didasarkan pada empat indikator karakter keingintahuan. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah model 4D, yang meliputi tiga tahap yakni definisi, perancangan, dan pengembangan. Alat ukur yang digunakan adalah lembar validasi materi pendidikan untuk peserta didik. Dari hasil validasi oleh empat ahli, diperoleh nilai total validitas materi pendidikan sebesar 96,67%, yang masuk dalam kategori "valid tanpa perlu revisi".
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024