JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Model PBL Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia bagi Peserta Didik Kelas IV B SDN Bendungan Semarang

Febriana Cicilia (Universitas PGRI Semarang)
M. Saifuddin Zuhri (SDN Bendungan)
Lolok Eko Wati (SDN Bendungan)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IVB Sekolah dasar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 25 peserta didik kelas IV B SDN Bendungan Semarang yang terdiri dari 13 perempuan dan 12 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar tes evaluasi. peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada setiap siklusnya. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IVB Bendungan Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...