Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IVB Sekolah dasar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 25 peserta didik kelas IV B SDN Bendungan Semarang yang terdiri dari 13 perempuan dan 12 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar tes evaluasi. peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada setiap siklusnya. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IVB Bendungan Semarang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024