JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Game Wordwall Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Anak di TK IT Adzkia III Padang

Suci Rahmadhani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)
Sri Hartati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan game wordwall terhadap kemampuan literasi membaca anak di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Adzkia III Padang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi penelitian seluruh anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Adzkia III Padang, dan sampelnya adalah kelas B3 dan kelas B6 dengan masing-masing jumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan dan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas. Hasil pada penilaian Pre-test dan Post-tes didapatkan rata-rata gain score kelas eksperimen 8,66 sedangkan rata-rata gain score kelas kontrol 6,41. Dengan demikian ada perbedaan yang besar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sangat besar pengaruh game wordwall terhadap kemampuan literasi membaca anak di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Adzkia III Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...