JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Pembelajaran PJOK Siang Hari di MAN 2 Kota Madiun

Fadhila, Saptania (Unknown)
Ridwan, Mochamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design dengan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan 27 peserta didik kelas eksperimen dengan tes pengetahuan siswa dan keterampilan gerak dalam pembelajaran PJOK di siang hari. Analisis data menggunakan statistic deskriptif. Pada tes pengetahuan, mean nilai peserta didik meningkat dari 82,77 menjadi 97,03. Sedangkan tes keterampilan meningkat dari 78,51 menjadi 91,11. Data penelitian ini sudah melalui uji normalitas dang menunjukan hasil yang tidak terdistribusi normal. Maka dari itu dilakukan dengan uji Wilcoxon dan menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,000 untuk tes kognitif dan keterampilan. Dengan nilai signifikan >0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PBL terhadap partisipasi siswa pada pembelajaran PJOK siang hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...