Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design dengan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan 27 peserta didik kelas eksperimen dengan tes pengetahuan siswa dan keterampilan gerak dalam pembelajaran PJOK di siang hari. Analisis data menggunakan statistic deskriptif. Pada tes pengetahuan, mean nilai peserta didik meningkat dari 82,77 menjadi 97,03. Sedangkan tes keterampilan meningkat dari 78,51 menjadi 91,11. Data penelitian ini sudah melalui uji normalitas dang menunjukan hasil yang tidak terdistribusi normal. Maka dari itu dilakukan dengan uji Wilcoxon dan menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,000 untuk tes kognitif dan keterampilan. Dengan nilai signifikan >0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PBL terhadap partisipasi siswa pada pembelajaran PJOK siang hari.
Copyrights © 2024