JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Fransiska Dwita, Nadia (Unknown)
Atmazaki, Atmazaki (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan berikut. Pertama, menemukan dan mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Padang. Kedua, menemukan dan mendeskripsikan bentuk strategi bertutur yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dari penelitian ini adalah berupa kalimat-kalimat bentuk dan strategi tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 20 Padang dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, didapatkan jumlah tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru sebanyak 302 tuturan, dan tindak tutur yang paling dominan digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Padang adalah tindak tutur direktif menyuruh. Kedua, empat strategi bertutur yang ditemukan yaitu strategi bertutur berterus terang tanpa basa-basi (BTTB), strategi bertutur berterus terang basa-basi kesantunan positif (BTDKP), strategi bertutur berterus terang basa-basi kesantunan negatif (BTDKN), dan strategi bertutur samar-samar (BSS).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...