Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan. Permasalahannya adalah kemampuan menulis siswa masih rendah, guru masih menggunakan teacher centered, tulisan siswa pendek dan kurang menunjukkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif dan menulis dalam teks eksposisi di kelas II SMA N 1 Palembayan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu. Pengambilan sampel dipilih secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Data yang dilakukan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kreatif lebih tinggi pada post-test dibandingkan pre-test baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada post-test (69,20) dan pre-test (60,90). Sedangkan kelas kontrol pada post-test (52,20) dan pre-test (40,60). Untuk keterampilan menulis siswa, kelas eksperimen pada post-test (57.70) dan pre-test (57.00). Sedangkan kelas kontrol pada post-test (54,00) dan pre-test (40,15). Dapat disimpulkan bahwa PJBL tidak memberikan kontribusi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan menulis siswa. Hal ini terlihat dari nilai data sig. (2-tailed) adalah > 0,05. Hal ini berbeda dengan pendapat Taylor yang menyatakan bahwa PJBL dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa dan menurut Fragoulis mengatakan bahwa PJBL dapat meningkatkan keterampilan salah satunya keterampilan menulis.
Copyrights © 2024