JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Mulsa Serasah Jerami Padi terhadap Biomassa dan Potensinya dalam Pengendalian Gulma Ara Sungsang (Asystasia gangetica) pada Perkebunan Kelapa Sawit di Nagari Kataping, Padang Pariaman

Wahyuni, Putri (Unknown)
Vauzia, Vauzia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Asystasia gangetica merupakan tanaman pengganggu yang banyak dijumpai di perkebunan kelapa sawit sehingga dikhawatirkan mempengaruhi produksi kelapa sawit. Oeh sebab itu, perlu dilakukan upaya pengendalian gulma A. gangetica secara biologi. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian tentang pengaruh serasah jerami padi terhadap biomassa dan potensinya dalam pengendalian gulma ara sungsang (Asystasia gangetica) pada perkebunan kelapa sawit di nagari kataping, padang pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh serasah jerami padi terhadap biomassa A. gangetica pada perkebunan kelapa sawit di Nagari Ketaping, Padang Pariaman. Penelitian dilaksanakan pada bulan November - Desember 2023 disalah satu perkebunan kelapa sawit milik masyarakat Nagari Kataping Padang Pariaman dan Laboratorium Botani Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang. Penelitian menggunakan 40 plot dengan luas plot 1 x 1 m, dimana 20 plot tidak diberi serasah jerami padi dan 20 plot lagi diberi serasah jerami padi. Data biomassa gulma A. gangetica dianalisis dengan uji T pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian mulsa serasah jerami padi memberikan pengaruh nyata terhadap biomassa gulma A. gangetica, dimana biomassa gulma A. gangetica yang diberi serasah jerami padi lebih rendah (45,3 g/m), dari pada biomassa A. gangetica yang tidak diberi serasah jerami padi (79,1 g/m).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...