Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point terhadap kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 4 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penellitian kuantitatif yang berbentuk quasy Eskperimen. Sampel pada penelitian ini adalah kelas B2 sebagai kelas eksperimen dan B3 kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes lisan dan tes perbuatan serta dokumentasi. Analisis data menunjukkan terjadi kenaikan hasil terhadap perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dengan skor untuk pre-test 152 dan post-test 162. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen untuk pre-test sebesar 16,8 dan post-test 18. Pada kelas kontrol mengalami kenaikan hasil skor untuk pre-test 130 dan post-test 139. Sedangkan rata-rata kelas kontrol untuk pre-test sebesar 14, 44 dan post-test 15,44. Dapat disimpulkan bahwa media power point berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun hal ini terlihat dari uji hipotesis yang terlihat dari nilai sig (2-tailed) 0,044 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang diperoleh diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media power point terhadap kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 4 Kota Padang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024