JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kualitas Pelayanan Publik di Kelurahan Sekip Hulu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu

Ismarita, Fatza (Unknown)
Afrianda, Rendi Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan di Kelurahan Sekip Hulu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu serta untuk mengetahui faktor penghambat pelayanan di Kelurahan Sekip Hulu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan yang ditetapkan oleh peneliti adalah lurah sekip hulu, sekretaris lurah, staff, kasi pemerintahan umum, masyarakat pengguna layanan yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Jenis dan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik di Kelurahan Sekip Hulu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu sudah menerapkan iindikator tangibles, reliability, responsivenees, assurance, dan emphaty beserta sub indikatornya. Akan tetapi, ada beberapa sub indikator yang belum berjalan atau terlaksana dengan baik sesuai dengan keinginan pengguna layanan seperti kenyamana tempat pelayanan dalam sarana dan pranasara yang belum lengkap, kurangnya keahlian atau kemampuan pegawai dalam menggunakan alat bantu pelayanan, kurang disiplinnya pegawai dalam melakukan pelayanan, dan tidak adanya sosialisasi tentang mekanisme atau teknis dalam pelayanan SKGR. Faktor penghambat kualitas pelayanan publik di Kelurahan Sekip Hulu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu adalah kurangnya komunikasi ataupun sosialiasi antar masyarakat dan kurangnya sarana prasarana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...