JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatkan Motivasi Belajar Vocabulary Bahasa Inggris Siswa/Siswi SDN 020 Ridan Permai Melalui Media Jigsaw Puzzle

Yetti, Dzulhijjah (Unknown)
Rahmayani, Merlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Penelitian ini dipicu oleh kurangnya semangat dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris, yang disebabkan oleh persepsi bahwa bahasa Inggris sulit dan kurangnya sumber belajar. Siswa cenderung hanya mengandalkan penyalinan, pencatatan, dan menghafal kosakata. Namun, bahasa Inggris adalah mata pelajaran penting yang akan terus berguna di masa depan. Berdasarkan latar belakang ini, penulis ingin meneliti cara meningkatkan semangat belajar bahasa Inggris dengan memperkenalkan media jigsaw puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan semangat belajar kosakata bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan, yaitu dengan menggunakan jigsaw puzzle. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing dengan 3 pertemuan. Hipotesisnya adalah bahwa melalui penggunaan jigsaw puzzle, motivasi belajar kosakata bahasa Inggris di kelas 3 SD Negeri 020 Ridan Permai akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar kosakata bahasa Inggris yang signifikan. Persentase motivasi meningkat dari 44,64% pada pra-siklus menjadi 71,68% pada siklus I, dan kemudian menjadi 85,24% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan jigsaw puzzle berhasil meningkatkan motivasi belajar kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas 3 di SD Negeri 020 Ridan Permai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...