Penelitian ini mengkaji strategi public relations mewujudkan kesuksesan kolaboratif tiktok shop dan tokopedia dengan fokus pada umkm (Usaha Mikro Kecil dan Menengah ). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai strategi PR yang telah diterapkan oleh TikTik Shop dan Tokopedia dalam kolaborasi mereka, serta faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan atau kegagalan strategi PR (Public Relations). Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan sebagaimana dimaksud dalam penelitian ini adalah penelitian yang mengumpulkan data di lapangan (pustaka) dan menggali sumber data non manusia. Metode pengumpulan data menggunakan berbagai dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini, dan sumber data penelitian ini antara lain jurnal, laporan penelitian, buku hasil seminar dan bentuk lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian mengungkap Strategi Public Relations yang efektif dalam mendukung kesuksesan kolaborasi antara TikTok Shop dan Tokopedia dengan fokus pada UMKM harus diterapkan dengan cermat untuk memaksimalkan manfaat bagi semua pihak yang terlibat. Ini mencakup kampanye awareness kolaborasi untuk meningkatkan kesadaran, penyediaan konten edukasi.
Copyrights © 2024