JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Penerimaan Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan (SIAKAMA) Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Menggunakan Technology Acceptance Model

Riski Kardianto (Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Legiman Slamet (Dosen Departemen Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan data tingkat penerimaan Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan (SIAKAMA) Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dengan menggunakan metodologi Technology Acceptance Model (TAM). Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan merupakan salah satu sistem informasi yang dilaksanakan pada ruang lingkup Fakultas Teknik Univesitas Negeri Padang. Penelitian ini memakai metode deskriptif kuantitatif. Untuk mengetahui tingkat penerimaan sistem informasi tersebut dapat menggunakan metode Technology Acceptance Model yang meliputi lima konstruk yaitu kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use), persepsi kegunaan (Perceived Usefulnes), sikap terhadap pengguna (Attitude Towards Behavior), minat pengguna (Behavioral Intention) pengguna sebenarnya (Aktual System Use). Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y baik itu secara parsial maupun secara simultan. Hubungan secara parsial (Uji T) antara variabel X terhadap variabel Y1 dengan nilai thitung sebesar 2.196, variabel Y2 sebesar 1.899, variabel Y3 sebesar 3.891, variabel Y4 sebesar 0.510. Sedangkan hubungan secara simultan (Uji F) yaitu sebesar 64% yang artinya terdapat 64% pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...