Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dan harapan anak jalanan dapat mendapatkan pendidikan gratis dan membangun masa depan anak jalanan melalui pendidikan pancasila demi terealisasikannya sila kelima pancasila keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berguna untuk memahami fenomena social atau perilaku manusia secara mendalam. Metode ini menekankan peran peneliti sebagai instrument utama untuk memahami karakter dari setiap anak jalanan yang berada di kota Medan. Pengumpulan data menggunakan teknik 1). Perencanaan, 2).Observasi dan 3). Evaluasi. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran anak jalanan dalam upaya membangun masa depan anak jalanan tersebut melalui pendidikan pacasila, dalam kegiatan tersebut hendaknya dipertimbangkan dengan baik terutama dalam ketepatan pemilihan metode. Adapaun bentuk pelaksanaannya terdiri dari lima fase yaitu: 1. Fase pendekatan, 2. Penentuan masalah, 3. Pengembangan masalah, 4. Penetapan dan pelaksanaan, 5. Evaluasi.
Copyrights © 2024