Desa Denai Lama, yang terletak di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, telah ditetapkan oleh Bupati Deli Serdang sebagai Desa Wisata dengan nama baru "Desa Wisata Kampoeng Lama". Selain sistem pada daerah yang dikelola dengan baik, desa ini juga memiliki pemasaran digital yang cukup baik pula dengan memiliki website dan aktif dalam penggunaan media sosial berupa Instagram dengan lebih dari 8 ribu pengikut dan facebook lebih dari 2 ribu pengikut. Namun, yang menjadi permasalahan adalah konten-konten yang dihasilkan belum cukup terkonsep dan bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan pelatihan digital marketing dengan berfokus pada pembuatan content marketing yang terkonsep dan bervariasi sehingga membantu memaksimalkan pemasaran yang juga nantinya akan berdampak pada perluasan pasar serta peningkatan pengunjung dan juga membawa dampak baik pada Penjualan ukm Pekan Sarapan Karya Anak Muda di daerah wisata desa denai lama. Metode yang digunakan selama proses penelitian yaitu metode kualitatif dengan cara menggunakan metode pengumpulan data. yang dilakukan pada daerah penelitian di Desa Denai Lama dengan melakukan riset langsung pada daerah penelitian tersebut. Hasil dari pelatihan yang dilakukan menghasilkan informasi mengenai 4 spot wisata utama di Desa Denai Lama yakni, Sanggar lingkaran, Agrowisata Paloh Naga, Pasar Kamu (Pasar Sarapan Karya Anak Muda) dan Rumah Produksi. Dan juga penelitian ini menghasilkan bagaimana hubungan Digital Marketing dalam mempromosikan Desa Wisata melalui media sosial baik itu Instagram @pasarkamu_ dan akun Tiktok dengan username @pasar_kamu. Terakhir penelitian ini memberikan strategi yang dapat dilakukan dalam pemanfaatan penggunaan media sosial Desa Wisata Denai Lama tersebut.
Copyrights © 2024