JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kepemimpinan Profetik Kepala Sekolah dalam Adaptasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA Angkatan 1 Garut

Warta, Waska (Unknown)
Saadah, Endah (Unknown)
Jam’an, Paojan (Unknown)
Hermawan, Wawan (Unknown)
Rukhaida, Ida (Unknown)
Jabar, Reny (Unknown)
Sopandi, Uus (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Angkatan 1 menimbulkan kompleksitas dan tantangan signifikan terkait kebijakan baru dan penurunan jumlah siswa yang lolos SNBP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif grounded theory di SMAN 8 Garut, meneliti kepemimpinan profetik kepala sekolah dalam adaptasi Kurikulum Merdeka. Hasilnya mengungkap tipologi, model, gaya, hard skill, dan soft skill kepemimpinan profetik yang relevan. Analisis menyoroti variasi dalam tipologi kepemimpinan, model, dan gaya, serta pentingnya keterampilan teknis, manajemen, dan problem solving. Soft skill seperti empati, motivasi, fleksibilitas, dan komunikasi juga diakui sebagai elemen penting dalam kepemimpinan profetik. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang kepemimpinan profetik memainkan peran kunci dalam mengelola tantangan kompleks dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...