Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep pada materi pecahan. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil pretest yang masih rendah dan ditemukan banyak kesalahan siswa dalam menjawab soal pada materi pecahan, seperti penulisan pecahan yang benar dan penulisan bentuk pecahan yang terbalik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu pecahan sederhana terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN Malaka Jaya 09. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi, yaitu kelas kartu pecahan sederhana dan pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV se-Kelurahan Malaka Jaya. Adapun sampel yang terpilih adalah SDN Malaka Jaya 09 yang terdiri 2 kelas, yaitu kelas kartu pecahan sederhana dengan jumlah siswa adalah 20 siswa dan kelas pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa adalah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) pembelajaran menggunakan kartu pecahan sederhana dapat memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pecahan, 2) pembelajaran menggunakan konvensional dapat memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pecahan, 3) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan kartu pecahan sederhana dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pecahan.
Copyrights © 2024