JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pendampingan Pengelolaan Program Tahfidz dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an di MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru

Sakban, Sakban (Unknown)
Alinna, Alinna (Unknown)
Sugiarti, Rani (Unknown)
Indah, Rahmatilla (Unknown)
Juliana, Juliana (Unknown)
Almahda, Salsabilla (Unknown)
Siregar, Yusnidar (Unknown)
Sari, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program tahfidz dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an di MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Perolehan data menggunakan teknik tringulasi, yaitu teknik mengumpulkan data dengan berbagai cara yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Program Literasi Al-Qur'an di MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru telah menunjukkan hasil yang positif. Semakin banyak siswa yang menunjukkan minat dan kemampuan membaca, menghafal, dan memahami Al-Qur'an dengan baik. Program ini juga telah membantu membangun karakter siswa yang lebih disiplin, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia. Pembelajran Tahfizh Al-Qur’an di MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru merupakan program yang paling di utamakan dan juga di jadikan syarat untuk kelulusan, ini membuktikan bahwa program tahfizh Al-Qura’an merupakan tujuan sekolah untuk menciptakan generasi perghafal Al-Qur’an. MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru terus berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan program literasi Al-Qur'an agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...