JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

The Effect of Quizlet On Students’ Achievement in Vocabulary Mastery of Grade X at SMK PAB Helvetia Medan Academic Year 2023 – 2024

Kartika, Mega (Unknown)
Rahmawati, Wiki Tedi (Unknown)
Prihatini, Syafrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Penguasaan kosakata siswa di SMK PAB Helvetia 1 masih rendah. Hal ini terlihat dari skor penguasaan kosakata siswa pada penelitian pendahuluan. Ada siswa yang mendapat nilai di bawah 70 sebagai kriteria ketuntasan minimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengimplementasikan aplikasi Quizlet sebagai penunjang pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan aplikasi Quizlet terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa di SMK PAB 1 Helvetia tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X (TP 1 dan 2) SMK PAB 1 Helvetia Medan. Sampel penelitian ini adalah dua kelas, terdiri dari 32 siswa pada kelas eksperimen dan 33 siswa pada kelas kontrol. Perlakuan dilakukan dalam 3 kali pertemuan dengan masing-masing kelas berlangsung selama 4 x 45 menit. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda yang telah diujicobakan sebelum diberikan sebagai instrumen penelitian. Instrumen diberikan pada saat pre-test dan post-test. Setelah memberikan pre-test dan post-test, peneliti menganalisis data menggunakan SPSS untuk menghitung independen sample t-test. Berdasarkan analisis data yang dihitung dengan menggunakan SPSS diperoleh Sig = 0,000 dan a = 0,05. Artinya Ha diterima karena Sig.< a = 0,000< 0,05. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan aplikasi Quizlet terhadap penguasaan kosakata siswa kelas X di SMK PAB 1 Helvetia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...