JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Inovasi Kurikulum Pendidikan di Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Taruna Al Jabbar Medan)

Darussalam, Darussalam (Unknown)
Irwansyah, Irwansyah (Unknown)
Halimatussakdiah, Halimatussakdiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Madrasah Aliyah adalah salah satu bentuk lembaga pendidikan Islam tingkat menengah pertama yang perlu mengadakan reorganisasi dan pembaharuan keseluruhan aspek dan diharapkan mampu membentuk sistem baru dalam pelaksanaan pendidikan. Dengan diadakannya inovasi pendidikan di Madrasah diharapkan mutu pendidikan kita khususnya untuk sekolah tingkat pertama yang berciri khas Islam atau yang disebut dengan Madrasah akan mengalami kemajuan serta dapat membantu anak didik dalam mempersiapkan diri agar dapat memenuhi kebutuhannya. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan komponen sitem pendidikan yang ada di Madrasah Aliyah Taruna Al Jabbar Medan Amplas sebelum pelaksanaan inovasi sumber daya manusia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif (descriptive research), dalam mengumpulkan data penulis menggu nakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan Reduksi Data, Display Data dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan keadaan komponen sistem pendidikan yang ada di Madrasah Aliyah Taruna Al Jabbar Medan Amplas sebelum pelaksanaan inovasi sumber daya manusia pada komponen sistem pendidikan, meliputi: Komponen inovasi sumber daya manusiate naga pendidik dan anak didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...