JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kegiatan Komunitas EcoNebo dan Pemanfaatannya pada Pembelajaran IPS SD

Pingge, Heronimus Delu (Unknown)
Haingu, Rahel Maga (Unknown)
Lero, Oni Ringu (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Manusia merupakan makluk konsumen dan juga produksi. Namun ironisnya manusia mengekploitasi alam sehingga merusak ekosistem. Lebih dominan merusak alam untuk pemenuhan kebutuhan dari pada mengembangkan dan memilihara alam sekitar. Atas situasi tersebut banyak perguruan tinggi membentuk komunitas pencinta lingkungan. Salah satunya adalah econebo yang berada di Universitas Katolik Weetebula. kegiatan komunitas tersebut dianalis untuk dimanfaatakan pada Pembelajaran IPS di SD. Penelitian bertujuan untuk mendokumentasikan bentuk kegiatan komunitas. econebo serta bentuk pemanfaatannya dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Kajian dilakukan dengan metode deskripsi kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara pada para anggota komunitas, dokumentasi audio-visual dan observasi. Selanjutnya data dianalis dengan kaida analisis penelitian kualitatif. keanggotataan komunitas ecoNebo adalah mahasiswa. kegiatan komunitas EcoNebo berorientasi pada aktivitas pembinaan generasi muda dalam kegiatan pengembangan pertanian umur pendek untuk pemenuhan kebutuhan belajar dan konsumsi dan penghijauan dengan sistem tanam tumpeng sari. Kegiatan ecoNebo menjadi salah satu alternative media belajar pembelajaran IPS SD terkait materi Pemanfaatan lingkungan sekitar untuk kehidupan manusia, menjaga kelestarian alam, dan kegiatan ekonomi. Metode pembelajaran yang ditawarkan berupa karya wisata, dan ecocamp.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...