JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Strategi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Pengoptimalan Pendidikan: Perspektif Ki Hadjar Dewantara

Sari, Purnama (Unknown)
Azzahra, Ainun (Unknown)
Khairani, Hana Maula (Unknown)
Arsaad, Salwa Waidah (Unknown)
Firmansyah, Buyung (Unknown)
Maulana, Cepri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan Angka Partisipasi Sekolah (APS) di Provinsi Jawa Barat untuk kelompok umur 16-18 pada tahun 2023 yang menunjukkan angka sebesar 68,58%. Jumlah angka ini lebih rendah dibandingkan dengan kelompok umur 13-15. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pengoptimalan pendidikan di Jawa Barat melalui perspektif Ki Hadjar Dewantara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada Pemerintah Dinas Pendidikan Jawa Barat. Dalam hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pengoptimalan pendidikan adalah dengan cara memberikan program Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (BOPD) dan Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU). Program ini sudah sudah sesuai dengan konsep beasiswa menurut Ki Hadjar Dewantara. Jadi, dapat disimpulkan bahwa program ini memiliki dampak terhadap peningkatan angka partisipasi sekolah siswa jenjang SMA/Sederajat. Program BOPD dan BPMU juga menjadi program pendukung dalam mengoptimalkan dan mengefektifkan kebijakan wajib belajar 9 tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...