Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif produk make up dan skincare pada mahasiswi aktif Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Penelitian ini juga menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel dan sampel yang digunakan sebanyak 248 mahasiswi aktif Ilmu Komunikasi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Berdasarkan hasil analisis dari uji hipotesis menggunakan product moment pada kedua variabel, diperoleh nilai sebesar r = -0,175 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 (p < 0,05) yang artinya terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri dengan perilaku konsumtif. Sementara itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,031 yang menunjukkan bahwa variabel konsep diri (X) memberikan kontribusi sebesar 3,1% terhadap variabel perilaku konsumtif (Y) dan sisanya sebesar 96,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Copyrights © 2024