JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Produk Make Up dan Skincare pada Mahasiswi

Sri Hartati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rahmawati Rahmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Alfiandy Warih Handoyo (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif produk make up dan skincare pada mahasiswi aktif Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Penelitian ini juga menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel dan sampel yang digunakan sebanyak 248 mahasiswi aktif Ilmu Komunikasi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Berdasarkan hasil analisis dari uji hipotesis menggunakan product moment pada kedua variabel, diperoleh nilai sebesar r = -0,175 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 (p < 0,05) yang artinya terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri dengan perilaku konsumtif. Sementara itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,031 yang menunjukkan bahwa variabel konsep diri (X) memberikan kontribusi sebesar 3,1% terhadap variabel perilaku konsumtif (Y) dan sisanya sebesar 96,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...