JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Efektivitas PBL Berbantu Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V di SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang

Latifatul Ariyani (Universitas PGRI Semarang)
Ida Dwijayanti (Universitas PGRI Semarang)
Mulyani Mulyani (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall Kelas V di SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini, yaitu kelas V yang berjumlah 27 siswa 9 laki-laki dan 18 perempuan sebagai subjek penerima tindakan. Sedangkan yang berperan sebagai subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang bekerjasama dengan wali kelas V. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 63% (Tuntas) dan 37% (Tidak Tuntas). Sedangkan, Siklus II dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus II dengan nilai rata-rata siswa 85,2% (Tuntas) dan 14,8% (Tidak Tuntas). Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall pada mata pelajaran Matematika sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...