JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Penggunaan Tata Bahasa dalam Penulisan Laporan Praktikum Fisika

Harahap, Safinatul Hasanah (Unknown)
Sianturi, Icha Netanya (Unknown)
Humaira, Syabrina (Unknown)
Gaol, Tio Tao Silom Lumban (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Laporan praktikum fisika adalah dokumen yang penting dalam proses pengajaran dan pembelajaran fisika, serta menjadi acuan bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dan memahami konsep fisika. Dalam penulisan laporan praktikum fisika, penggunaan tata bahasa yang baik dan efektif sangat diperlukan untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi laporan. Oleh karena itu, analisis penggunaan tata bahasa dalam penulisan laporan praktikum fisika sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas laporan tersebut. Dalam penulisan laporan praktikum fisika, siswa sering mengalami kesulitan dalam mengorganisasikan isi laporan, menggunakan kata-kata yang tepat, dan memilih struktur kalimat yang efektif. Hal ini dapat menyebabkan laporan yang kurang jelas, sulit dipahami, dan tidak efektif dalam mengkomunikasikan hasil praktikum. Analisis penggunaan tata bahasa dalam penulisan laporan praktikum fisika dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah laporan praktikum fisika yang telah ditulis oleh mahasiswa. Analisis dilakukan dengan memeriksa penggunaan kata-kata, struktur kalimat, dan isi laporan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan tata bahasa dalam penulisan laporan praktikum fisika sangat berpengaruh terhadap kualitas dan efektivitas laporan. Laporan yang menggunakan tata bahasa yang baik dan efektif dapat memudahkan pembaca dalam memahami isi laporan, sedangkan laporan yang kurang baik dapat menyebabkan kesulitan dalam memahami isi laporan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...