JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Problematika Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin untuk Meningkatkan Perilaku Siswa

Ridwan, Ahmad (Unknown)
Sakur, Ahmad Khoiron Abdan (Unknown)
Masfufah, Karimatun (Unknown)
Edmilizar, Dias (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya problematika pembelajaran aqidah akhlak yang ada di sekolah. Pada era ini masih ditemukannya siswa -siswi di sekolah yang kurang memperhatikan akhlak ketika bertemu dengan orang lain. Guru sebagai seorang pendidik diharapkan mampu mengatasi problematika tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran aqidah akhlak serta bagaimana upaya dalam mengatasinya pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Merangin Jambi. Adapun teknik penentuan penelitian ini menggunakan purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Merangin Jambi, adalah sebagaimana proses pembelajaran pada umumnya. Metode yang digunakan ketika pembelajaran seperti mengamati, diskusi, dan tanya jawab. Sarana dan prasarana yang digunakan juga sudah cukup lengkap. Problematika pembelajan aqidah akhlak yang sering terjadi seperti pada kurangnya minat belajar, kurangnya penerapan materi pada kehidupan sehari-hari, kemudian pada metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa, serta pengaruh lingkungan yang buruk. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika pembelajaran aqidah akhlak pada kelas XI yaitu dengan memberikan motivasi nasihat, memberikan contoh perilaku yang baik serta memahami karakteristik siswa. Sedangkan upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan menerapkan peraturan-peraturan yang ketat dan mengadakan kegiatan-kegiatan islami.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...