JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Urgensi Sosiologi Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah

Sitorus, Nurul Hafizhah Salsabila (Unknown)
Anwar, Syuhaila (Unknown)
Ray, Predy Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Pendidikan merupakan lembaga sosial yang mempunyai kewajiban untuk menyajikan sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing dengan masyarakat lainnya. Pengajaran sosiologi dapat dijadikan sarana untuk membentuk karakter masa kini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pentingnya pembelajaran sosiologi dalam membangun nilai-nilai kepribadian pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, jenis penelitiannya adalah tinjauan pustaka. Materi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sejumlah sumber dasar yang relevan dengan pengembangan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan karakteristik siswa dalam menerapkan kedisiplinan, kreativitas dan kemampuan komunikasi di kelas adalah metode role-playing, metode ini merupakan cara penyajian dokumen atau mata pelajaran masing-masing. mempertunjukkan, mendemonstrasikan, atau mendemonstrasikan suatu keadaan atau peristiwa yang dialami orang, cara atau tingkah lakunya dalam hubungan sosial, dan adaptasinya terhadap lingkungannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...