JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Iklim Organisasi Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat

Ferbi Ilhamdi (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Ermita Ermita (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Anisah Anisah (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Hade Afriansyah (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan penulis selama melaksanakan Praktek Lapangan Manajemen Pendidikan di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat, yang menunjukkan bahwa iklim organisasi di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat masih kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  Iklim Organisasi Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat yang dilihat dari dimensi hubungan, dimensi pertumbuhan/perkembangan pribadi dan dimensi perubahan/perbaikan sistem. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.  Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai yang berjumlah 189 orang. Sampel penelitian ditentukam dengan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling, sehingga sampel penelitian ini berjumlah 76 orang pegawai. Instrumen yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala Likert yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukan bahwa Iklim Organisasi Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat secara umum sudah terlaksana dengan kondusif yang dilihat dari dimensi hubungan, dimensi pertumbuhan/perkembangan pribadi dan dimensi perubahan /perbaikan sistem.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...