JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Memanfaatkan Energi Angin secara Efisien dan Berkelanjutan

Maharani, Cantika Putri (Unknown)
Yusardhi, Yusardhi (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Energi angin telah muncul sebagai sumber energi terbarukan yang menjanjikan dalam upaya mengatasi krisis energi dan perubahan iklim global. Artikel ini mengeksplorasi pemanfaatan energi angin secara efisien dan berkelanjutan dengan membahas perkembangan teknologi turbin angin modern, pemilihan lokasi yang tepat, mitigasi dampak lingkungan, daur ulang komponen turbin, keterlibatan masyarakat, integrasi ke jaringan listrik, serta kebijakan dan regulasi pendukung. Kemajuan dalam desain aerodinamis, kontrol pitch, kecepatan variabel, dan peningkatan ukuran turbin telah meningkatkan efisiensi pembangkitan energi. Aspek keberlanjutan meliputi pemilihan lokasi yang mempertimbangkan sumber daya angin dan dampak lingkungan, mitigasi dampak melalui restorasi habitat, daur ulang komponen turbin, serta keterlibatan masyarakat lokal. Integrasi ke jaringan listrik membutuhkan strategi seperti penyimpanan energi, transmisi lintas batas, manajemen sisi permintaan, dan hibridisasi dengan sumber energi lain. Kebijakan dan regulasi pendukung seperti target energi terbarukan, standar ketat, perencanaan spasial, perizinan yang efisien, serta penelitian dan pengembangan juga diperlukan. Kolaborasi antara pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat akan memungkinkan pemanfaatan energi angin yang efisien dan berkelanjutan, sehingga berkontribusi dalam mencapai target pengurangan emisi karbon dan transisi menuju sistem energi yang lebih bersih.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...